Panduan Cara Membuat Blog di Blogger

Author: Unknown Pada: Sabtu, 22 Oktober 2011 0 comments
Blog telah menjadi tren baru dalam dunia maya karena perkembangannya yang begitu pesat dari hari ke hari. Blog kini tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dan tukar informasi tetapi juga merupakan lahan bisnis yang meyakinkan. Bagi seorang blogger kata blog tentu sudah kerap didengar. Bahkan saking familiarnya dengan kata ini sampai-sampai website statis pun disebut sebagai blog.

Secara ringkas, blog adalah singkatan dari Weblog yaitu sebuah aplikasi berbasis web yang disusun secara kronologis dimana posting terbaru akan tampil pada halaman teratas dan diikuti posting-posting sebelumnya.

Blog pertama kali muncul pada tahun 1990-an. Awalnya disebut weblog dan diperkenalkan oleh John Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Istilah ini kemudian dipersingkat menjadi blog oleh Peter Merholz.

Perbedaan antara blog dengan website biasa adalah blog lebih mudah untuk mengupdate informasi sedangkan website biasa, halamannya cenderung tetap dan yang diupdate hanya isi dari halaman tersebut.

Bagi Anda yang ingin memiliki blog. Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di Blogger.com karena Blogger.com adalah milik Google sehingga lebih aman dan mudah terindeks dalam mesin pencari Google. Selain itu juga mudah dibuat, hanya 3 tahap anda sudah bisa memiliki blog sendiri.

Tahap pertama
Buka situs http://blogger.com maka anda akan masuk kehalaman utama blogger seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:




Pilih bahasa “Indonesia” dipojok kanan bawah lalu login dengan alamat gmail anda (kalau belum punya silahkan buat dulu di http://mail.google.com). Setelah itu , anda akan dibawa ke halaman berikut.


Masukkan nama anda pada kotak “Nama tampilan”. Nama ini akan muncul sebagai author name setiap kali anda memposting artikel. Setelah itu klik Lanjutkan.

Tahap Kedua
Kemudian akan masuk ke tahap kedua yaitu membuat Blog baru dan menentukan alamat blog

1. Klik tombol Blog Baru.



2.  Masukkan Judul, alamat Blog, dan memilih template.

Isi judul dan alamat blog Anda. Untuk kasus ini, pilihlah alamat blog yang mudah diingat dan mengandung kata kunci (keyword) sesuai dengan topik blog yang ingin anda buat. Lalu pilih template blog. Selanjutnya klik Buat Blog!

Tahap ketiga
Blog telah selesai dibuat, dan mulai mengeposkan artikel Anda. untuk memulai klik tombol Buat Entri Baru.



Selesai.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar