10 Konsep Kendaraan Terbaik 2011

Author: Heranz Ingo Pada: Kamis, 29 Desember 2011 0 comments
Tahun 2011 hanya tinggal menyisakan beberapa hari saja. Dan selama 12 bulan di tahun macan ini, telah lahir puluhan kendaraan konsep yang meyajikan beragam inovasi untuk dunia otomotif masa depan.

Ternyata dari sekian banyak kendaraan konsep yang ada di 2011 ini, mobil konsep milik Toyota, Fun-Vii merupakan mobil konsep terbaik.

Toyota Fun-Vii yang tubuh luarnya sudah menganut sistem panel sentuh alias touch screen ini hadir dengan menawarkan suasana masa depan.

Selain Fun-Vii apa saja kendaraan konsep terbaik lainnya? Berikut daftar 10 kendaraan konsep terbaik 2011 versi Motor Authority.



 
1. Toyota Fun-Vii

Mobil ini diperlihatkan di Tokyo Motor Show beberapa minggu lalu dengan segudang inovasi. Dan yang paling kentara adalah panel sentuh di eksteriornya dimana sudah tidak lagi diperlukan penggantian cat. Bila ingin merubah warna atau grafis tubuh mobil ini para pengendaranya hanya tinggal melakukan setting ulang. Bagai mengganti wallpapper di handphone.

Mobil konsep ini merupakan singkatan dari Fun dan ‘vehicle interactive internet’ ini adalah sebuah mobil konsep dengan bodyshell yang terbuat dari panel layar sentuh yang tidak hanya memungkinkan pengemudi untuk mengubah pola pada layar, tetapi juga menghubungkan mobil ke website dealer untuk check up.

Tubuh luarnya, tampak seperti ponsel dengan layar sentuh, seluruh warna dan gambar yang ingin kita tampilkan di bodynya tinggal di pilih dengan sekejap mata.

Pemilihan warna dan gambar pun bisa dipilih melalui dua metode. Bisa dari 'tubuh sentuh' mobil ini, bisa juga menghubungkan mobil ini dengan gadget yang anda miliki. Mobil ini bahkan bisa menyapa pengemudinya ketika akan memasuki mobil dengan pesan di pintu.

Selain bagian luar, interior kabin mobi lini juga menyajikan interaksi antara pengendara, penumpang dan mobil itu sendiri. Seperti halnya di eksterior, suasana di kabin ini juga bisa di set sesuai keinginan.


2. Suzuki Regina


Mobil ini merupakan mobil konsep Suzuki yang menawarkan efisiensi bahan bakar yang sangat tinggi dan emisi yang rendah berkat kerianganan tubuh ditambah tampilan interior yang mewah.

Bobot mobil tersebut hanya 730 kg dan diklaim lebih rendah 10 persen dari model sekelas. Mobil ini memiliki panjang 3.550 mm (panjang), lebar 1.630 mm, dan tinggi 1.430 mm serta jarak roda depan-belakang 2.425 mm.

Asyiknya meski kecil, Regina bisa menampung 4 penumpang. Regina hanya membutuhkan BBM 3,1 liter untuk menjangkau jarak 100 km dengan emisi gas buang CO2 70g/km (jika dikendarai di jalanan Eropa).


3. Vespa Quarantasei
 


Kata Quarantasei melambangkan angka 46 yang menjadi tahun dimana Vespa mulai melakukan produksi skuter. Motor ini di desain di Vespa Pontedera Style Center. Garis desainnya tetap mengikuti bahasa desain yang selama ini selalu dipertahankan Vespa.

Mengambil inspirasi dari motor prototype MP6 buatan tahun 1945, Vespa Quarantasei lahir dengan garis desain yang terus melengkung dan membulat layaknya motor Vespa pada umumnya. Lekukan khas Vespa tersebut dapat dilihat mulai dari bagian depan sayap, samping hingga ke belakang.

Dan uniknya, meski ini adalah motor konsep, mesin yang digendongnya adalah mesin 'nyata' berkapasitas 125 cc dan mesin 150 cc, 4 tak dengan 3 valve dan air cooled. Mesin tadi diklaim mampu memproduksi tenaga hingga 11,7 hp yang bisa di dapat di rpm 8.250 dengan torsi puncak 7,6 Nm di 7.000 rpm.

Sementara versi 150 cc diklaim memiliki tenaga puncak sampai 13 horsepower di kitiran 8.000 rpm serta torsi sebesar 9,3 Nm di 6.500 rpm.

Dengan desain yang tidak jauh berbeda serta mesin ini, Vespa Quarantasei seolah siap diproduksi oleh pabrikan Italia tersebut.


4. Mazda Takeri
 


Mazda Takeri adalah versi konsep dari generasi terbaru Mazda6 yang akan segera lahir ke dunia. Mobil ini merupakan jebolah dari Tokyo Motor Show beberapa minggu lalu dan sudah mengusung bahasa desain 'KODO-Soul Of Mation'.

Sedan saloon dengan 4 pintu ini akan menggunakan mesin baru Mazda yakni mesin diesel SkyActive-D 2.200 cc. Mesin sama yang juga tertanam di SUV CX-5. Meski menggunakan mesin diesel, Mazda menjamin mobil ini akan tetap nyaman dan memiliki performa seperti sedan bensin.

Mesin ini kemudian dikombinasikan dengan perangkat elektronik seperti sistem idling stop milik Mazda yang khas yakni i-stop dan sistem pengereman regeneratif terbaru. Penggunaan fitur ini membuat Mazda Takeri bisa menembus angka konsumsi BBM 1:25 atau 1 liter untuk 25 km perjalanan.

Teknologi-teknologi ini merupakan jembatan bagi Mazda untuk membangun mobil yang murni menggunakan tenaga listrik pada 2014 nanti.


5. Volkswagen Buggy Up
 


Mobil Jerman ini merupakan lulusan Frankfurt Motor Show 2011 yang didasarkan pada model VW Beetle. Beberapa pihak berspekulasi jika mobil ini adalah penerus VW Safari yang terinspirasi dari mobil era 60-an namun telah mendapatkan sentuhan untuk menyesuaikan zaman.

Tapi pada dasarnya ide mobil tersebut adalah mobil pantai yang memiliki desain trendy dan modern sehingga sangat memenuhi syarat untuk bisa pula menjadi mobil masyarakat perkotaan.

Mobil 2 pintu ini memiliki bobot sangat ringan karena dilengkapi baja ringan dengan sasis lebih panjang 44 mm dari VW Up yang didesain oleh desainer VW dari Indonesia yakni Chris Lesmana, dan lebih lebar 190 mm serta lebih rendah 31 mm.

Mobil pantai itu sendiri hanya bisa menampung 2 penumpang saja serta tidak dielngakapi dengan pintu. Untuk memanjakan penumpang, VW ternyata membenamkan fitur infotainment anti-air, hingga untuk mengaktifkan iPod dan iPhone.


6. Volkswagen Nils
 


Mobil kecil ini berkonsep mobil 1 kursi yang posisi duduknya mirip dengan kursi mobil Formula 1, di tengah. Bedanya jika mobil Formula 1 bertubuh panjang dan lebar, namun milik VW berukuran kecil sehingga didaulat sebagai mobil perkotaan.

VW NILS listrik sengaja dibuat untuk menyaingi produsen mobil Audi yang sudah berani menampilkan mobil kecil di jalanan yakni Audi E1 e-tron.

Bedanya VW NILS hanya bisa menampung 1 penumpang saja, seementara rivalnya Audi E1 e-tron bisa menampung hingga 2 penumpang. VW NILS memiliki panjang 3,04 meter long, tinggi 1,2 meter dan lebar 0,39 meter. NILS menggunakan rangka yang terbuat daru aluminum. Karenanya bobotnya tidak lebih dari 1.000 kg.

Motor listrik yang tersemat seberat 42 kg. Asyiknya tenaga maksimal yang dikeluarkan motor listrik bisa menghasilkan tenaga hingga 33 Hp dengan kapasitas 5,3 kWh karena akselerasi mulai 0-100 km/jam bisa diraih dalam hitungan waktu 11 detik.

Dengan kondisi itu VW NILS bisa menempuh jarak tempuh sejauh 65 km dengan pengisian baterai 2 jam saja. VW mengklaim NILS mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 125 km/jam. Sayangnya belum ada kabar kapan mobil itu diproduksi dan dilempar ke pasar.


7. BMW i8
 


Mobil konsep yang coupe hybrid yang sanggup mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dari posisi diam hanya dalam waktu kurang dari lima detik dengan konsumsi bahan bakar kurang dari tiga liter untuk menempuh jarak 100 kilometer.

Ini adalah mobil hybrid plug-in dengan output sebesar 260 kW dan sanggup menempuh jarak 35 kilometer dengan mode listrik — cukup untuk menopang keperluan mobiltas sehari-hari.

Untuk dinamika berkendara atau melakukan perjalanan di luar kota, mobil ini dibekali dengan sebuah mesin beperforma tinggi dengan kapasitas 3 liter.

Dan sebagai sebuah mobil sport, BMW i8 yang dapat memuat empat penumpang ini sanggup melesat dengan kecepatan maksimum 250 kilometer per jam.

Menurut rencana BMW i8 dan saudaranya, BMW i3 akan diproduksi di pabrik BMW di Leipzig, Jerman. Pihak perusahaan telah menyiapkan investasi awal sebesar 400 juta euro, untuk mendirikan bangunan dan menyiapkan fasilitas baru pada 2013.

Dengan produksi kedua model baru tersebut, maka 800 lapangan kerja baru akan tercipta. Proses produksi mobil ini menghasilkan CO2 dalam posisi netral, dan akan menggunakan materi dan bahan-bahan yang terbarukan. Bahkan perusahaan ini tengah melakukan penelitian kemungkinan membangun sendiri turbin angin di samping pabrik.


8. Unimog 60th Anniversary concept
 


Mobil yang dibuat oleh Mercedes-Benz ini mengambil inspirasi dari katak dan dibuat untuk merayakan 60 tahun eksistensi Unimog di dunia otomotif.

Truk berbalur cat warna hijau ini bagai 'Kermit' raksasa dengan ground clearance tinggi yang membangkitkan nostagia pada Unimog 1951 ini dikatakan memiliki sejumlah rincian yang akan ditampilkan di kendaraan massal di masa depan.


9. Tata Pixel
 
 
 
Mobil futuristik milik produsen mobil India, Tata Motors yang bernama Pixel ini dipastikan tidak hanya akan berakhir sebagai sebuah mobil konsep semata, tapi juga akan segera masuk dapur produksi dan dipasarkan.

Mobil ini dibekali dengan mesin diesel tiga silinder berkapasitas 1.2 liter yang mampu menyalurkan tenaga hingga 60 bhp ke roda belakang melalui transmisi lima percepatan.

Tata Pixel sendiri memiliki panjang hanya 3 meter, 250 mm lebih pendek dari Tata Nano namun dengan ruang tempat duduk untuk 4 orang yang cukup lapang. Mobil ini hanya akan memiliki berat 750 kg dan hanya akan memproduksi kadar CO2 sebanyak 100 g/km.

Bila Tata Pixel dua pintu sukses dipasaran, Tata juga akan memproduksi Pixel 4 pintu yang stylish.


10. Volkswagen XL1
 


Mobil ini merupakan mobil super irit milik Volkswagen yang akan segera diproduksi massal pada tahun 2013 nanti. Konsumsi bahan bakar mobil ini mencapai angka yang sangat tinggi yakni 1:111 kml.

Prototipe VW XL1 sendiri sudah diperlihatkan di ajang Qatar Auto Show di Doha hadir dengan body yang terbuat dari bahan karbon fiber yang ringan namun kuat.

Sementara keunggulan utama mobil ini ada di dapur pacunya dimana efisiensi XL1 dapat mencapai titik tertinggi dan mampu berjalan hingga 111 km hanya dengan meminum 1 liter bahan bakar. Karena itulah tidak heran bila mobil ini dijuluki 'mobil satu liter'.

Mobil ini mengusung sistem hybrid yang menyandingkan mesin diesel dua silinder berkapasitas 800 cc dengan motor listrik yang tenaganya disimpan dalam baterai lithium ion.

VW berkata meski pengendara kehabisan bahan bakar di tengah jalan, dia dipastikan akan bisa pulang ke rumah, sebab daya listrik yang berada di baterainya mampu membuat XL1 berjalan hingga 35 km tanpa bahan bakar.


Sumber


0 comments:

Posting Komentar